You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.

Sistem Informasi Kalurahan SIDOREJO

Kep. Lendah, Kab. Kulon Progo, Prov. DI Yogyakarta
Info

Merti Dusun Karang, Wujud Syukur warga Karang


Sidorejo, (27/10/19). Warga karang mengadakan malam puncak merti dusun karang yang diadakan di rumah Bapak Rubiman (Dukuh Karang). Dalam acara puncak ini warga karang nanggap wayang semalam penuh oleh daang Ki Slamet Riyanto dari Diran. Acara puncak ini adalah rangkaian acara yang dilaksanakan di dusun Karang. Pada malam sebelumnya ada acara doa tahlilan bersama dan ziarah kubur cikal bakal dusun karang yaitu Kyai Sangsang. Turut hadir pula dalam acara ini DPRD Prov Dapil Kulon Progo Muh. Ajrudin Akbar,S.Sos.I, perwakilan Camat Lendah Nur Aribowo dan Kepala Desa Sidorejo Sutrisna juga Babinkamtipmas dan Babinsa Desa Sidorejo.

Pagelaran Wayang kulit tadi malam mengusung lakon "Gatotkoco mbangun dalan kahyangan". Dalang yang dari Sidorejo ini didukung dari pengrawit yang 80% dari Sidorejo. Ini menegaskan bahwa Desa Sidorejo memang Desa Budaya yang tetap nguri-uri kebudayaan Jawa. Dalam acara ini Anggota DPRD Prov Muh Ajrudin Akbar diminta untuk naik keatas panggung untung menemani Limbuk dan Cangik. Dalam Sambutannya beliau menyampaikan bahwa akan membawa aspirasi-aspirasi yang ada di tingkat bawah untuk diperjuangkan dan dikawal di tingkat Provinsi. Para penonton yang hadir dalam pagelaran wayang ini cukup banyak dan didominasi oleh orang-orang tua. Namun tak sedikit pula anak muda penggemar wayang yang hadir menyempatkan diri untuk melihat pagelaran wayang kulit. (MT)

Bagikan artikel ini: