You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.

Sistem Informasi Kalurahan SIDOREJO

Kep. Lendah, Kab. Kulon Progo, Prov. DI Yogyakarta
Info

Takbir Keliling Tapal Batas Desa Sidorejo


Sabtu, 10 Agustus 2019, warga desa Sidorejo, Kecamatan Lendah, kabupaten Kulon Progo , mengadakan kegiatan takbir keliling dalam rangka menyambut hari raya Idul Adha 1440 H. Takbir keliling tahun ini berbeda dengan biasanya, di Sidorejo hampir setiap tahun, baik di malam IdulFitri atau pun Idul Adha selalu ada lomba takbir keliling. Tapi untuk tahun ini kegiatan takbiran tidak dilombakan.

Yang menjadi kesan dari takbiran tahun ini, peserta takbiran yang berasal dari jamaah masjid dan musholla se Sidorejo, diajak untuk mengambil route perjalanan Napak tilas batas desa. Dimana biasanya takbiran hanya berjalan kaki, takbiran kali ini menggunakan kendaraan bermotor baik truk, mobil atau sepeda motor, mengingat rute yg ditempuh cukup jauh.

Tujuan panitia dari PHBI Sidorejo, dengan harapan warga Sidorejo akan semakin saling mengenal dengan silaturahmi antar warga, juga agar warga Sidorejo semakin mengenal wilayah nya sendiri, semakin mengenal kelebihan yang dimiliki, sehingga ke depan semakin mengerti dan satu pemahaman untuk bersama sama mengembangkan desanya.

Yang menjadi kesan juga pemandangan malam takbiran tersebut, cahaya lampu, iring iringan takbiran, ketika Melawati route perjalanan yang berkelok, sangat terlihat indah, seakan mengobarkan semangat kepada seluruh warga Sidorejo, ayo kita berjalan bersama, ayo bersama membangun desa, karena kebersamaan itu indah, karena persatuan itu kuat.

Pada takbiran tersebut Kepala Desa Sidorejo Sutrisna juga mengikuti acara dari awal sampai dengan selesai, beliau bahkan ikut naik kendaraan JEEP, d barisan kendaraan yang paling depan, beliau terlihat sangat bahagia, dan sangat menikmati acara tersebut, seperti halnya kebahagiaan seluruh panitia, dan warga Sidorejo yang juga bersemangat dan antusias mengikuti acara tersebut. Meskipun tanpa ada lomba, tanpa biaya besar, mereka semua antusias takbir keliling , lintas batas Sidorejo.

Tidak ketinggalan pula, barisan pengaman yang diturunkan adalah, ,para anggota LINMAS SIDOREJO, yang dengan semangat dan antusias pula mengamankan acara sampai dengan selesai dibantu oleh team POLSEK Lendah.
Acara dimulai sekitar pukul 20.00 WIB, dan selesai pukul 23.00 WIB. Start dari lapangan Sidorejo dan Finish di perempatan dusun Ledok.

Di pagi Harinya, warga Sidorejo melaksanakan sholat Ied, yg terbagi d beberapa titik, mengingat letak geografis Sidorejo yg cukup luas dan berbeda dataran. Seperti ada yg di halaman SD Jurug untuk wilayah dusun Diran, Kwarakan, dan Karang, di lapangan Jurug untuk wilayah dusun Jurug, Di lapangan Senden untuk wilayah dusun Senden, di halaman SD Tubin untuk wilayah dusun Tubin, di kompleks masjid Al Muttaqin untuk wilayah dusun Gedhen, Sedangkan tempat yang paling luas adalah d lapangan Sidorejo untuk wilayah dusun Sedan, Jekeling, Sapon, Gerjen, Gentan,Ledok, dan Bekelan.(SF)

Bagikan artikel ini: