You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.

Sistem Informasi Kalurahan SIDOREJO

Kep. Lendah, Kab. Kulon Progo, Prov. DI Yogyakarta
Info

Gelar Potensi Budaya


Sidorejo, 10/10/2019. Desa Budaya Sidorejo kembali berpartisipasi dalam acara Gelar Potensi Desa Budaya yang diselenggarakan oleh Dinas Kebudayaan DIY (kundha kabudayan) disetiap Kabupaten/Kota. Pada tahun ini, pelaksanaan Gelar Potensi Desa Budaya wilayah Kulonprogo ditempatkan di Desa Jatimulyo, tepatnya di Goa Kiskendha. Acara diselenggarakan selama dua hari yaitu pada hari sabtu dan minggu tanggal 5 & 6 Oktober 2019. Adapun  tema besar yang diusung adalah nyawiji greget sengguh ora mingkuh. 

Tema yang juga merupakan spirit keistimewaan DIY diharapkan dapat mendorong semangat setiap Desa Budaya dalam  melindungi  serta melestarikan warisan budaya  leluhur.

Dalam usaha melindungi dan melestarikan warisan budaya, Desa Budaya Sidorejo mempergelarkan sendratari yang merupakan hasil adaptasi dari cerita rakyat setempat. Adapun cerita rakyat yang diangkat adalah kisah Ki seda. Menurut cerita masyarakat, ki Seda dahulunya adalah cikal bakal dusun sedan.  Sosok Ki Seda dalam ceritanya juga merupakan sosok yang sangat dikagumi oleh masyarakat setempat. Oleh  sebab itu, pagelaran sendratari kemudian diberi judul "Dumadining Dusun Sedan". 

Pagelaran sendratari "Dumadining Dusun Sedan" mayoritas diperankan oleh pemuda pemudi Desa Sidorejo. Berbagai elemen masyarakat juga ikut andil dalam pagelaran termasuk sesepuh dan kelompok-kelompok seni. Dalam prosesnya juga didukung penuh oleh pemerintah Desa. Bapak Sutrisna (KaDes) mengungkapkan, keterlibatan berbagai unsur masyarakat diharapkan dapat menguatkan keharmonisan guna mengejawantahkan spirit nyawiji greget sengguh ora mingkuh. Tidak hanya sebatas pada ucapan tetapi juga terwujud dalam kehidupan nyata.

 

Quotes : "ajining manungsa yen bisa tepa slira marang sasama"

Salam budaya, lestari budayaku

Bagikan artikel ini: